Monday, April 2, 2007

Tanam Pohon Muliakan Air

Oleh : Ahmad Riyadi Umar
Bojonegoro, Jawa Timur.

Saya prihatin atas musnahnya hutan yang ada di negeri ini akibat penebangan liar. Di musim hujan terjadi bencana alam, dimusim kemarau terjadi kekeringan. Sebenarnya itu dapat dihindari jika kita peduli terhadap hutan atau pohon-pohon yang ada disekitar kita dan memuliakan air.

Bencala alam yang terjadi di Negeri ini bisa jadi peringatan bagi kita semua agar kita peduli dan memperhatikan alam. Banyaknya pembalakan hutan liat mengakibatkan tanah longsong. Hal itu karena air hujan yang turun tidak diserap oleh Hutan kita, sehingga menjadi tanah longsor.

Tanpa air hidup kita tidak akan bertahan lama, untuk itu mari kita muliakan air sebagaimana kita memuliakan diri kita sendiri. Air hujan yang turun harus mendapatkan tempat yang menjadi haknya.

Mari kita tanam pohon-pohon yang dapat menyerap air hujan, agar kita tidak kekurangan air. Kalau air hujan diserap pohon, maka tempat tinggal kita akan terhindar dari banjir dan bencana alam. (Surat Pembaca dimuat di Harian Jawa Pos, Rabu, 28 Maret 2007)

No comments: