Monday, April 2, 2007

Bumi Butuh Air

Oleh : Lina Naibaho
Medan, Sumatera Utara.

Semua orang butuh air. Sedikitnya, setiap orang butuh lima liter air setiap harinya. Dua liter untuk kebutuhan minum, tiga liter lagi untuk kebutuhan lainnya. Bumi memang tidak bisa hidup tanpa air.

Namun, sangat disayangkan kalau masalah keberlangsungan air kurang kita perhatikan. Memakai air melebihi kebutuhan, mencemari air sungai dengan zat-zat kimia, dan lain-lain. Seolah-olah kita tidak butuh air. Padahal, setiap manusia berkepentingan terhadap air.

Memang kewajiban pemerintahlah untuk mengelola air, agar bisa tersalurkan ke masyarakat. Tapi bukan berarti tanggungjawab akan tersedianya air, dibebankan kepada pemerintah saja. Memang, masyarakat membayar setiap tetes air yang sampai di bak-nya, tapi bukan berarti setiap orang sekenanya mengkonsumsi air tanpa batas. Sebab, sesungguhnya air mempunyai keterbatasan juga. karena itu, jika dikonsumsi tanpa batas, tetap saja berkemungkinan untuk habis.

Banyak cara melestarikan air. Bagi masyarakat seperti kita, bisa dengan mempergunakan air sesuai kebutuhan. Atau dengan mematikan kran air bak mandi selesai mandi, itu sudah wujud nyata dalam melestarikan air. Dan jika benar Anda membutuhkan air setiap harinya, cobalah menanam sebatang pohon di pekarangan rumah Anda hari ini. Sebatang pohon, bisa menyimpan ribuan liter demi liter air di akar-akarnya kelak. Yang paling penting adalah melaksanakan segala kepedulian dalam tindakan nyata. Jadi, tunggu apa lagi. Selamat hari air sedunia!

No comments: