Monday, April 2, 2007

Air Titipan Anak Cucu

Oleh : Lina Naibaho
Medan, Su,atera Utara

Dua pertiga dari tubuh manusia tersusun oleh air. Seperti halnya juga bumi yang dua pertiganya terdiri dari air. Ini artinya air salah satu elemen yang sangat penting bagi kehidupan. Dapat dibayangkan apa jadinya bila ketersediaan elemen penting ini semakin langka.

Ya.. memang jumlah air di bumi ini tidak akan berkurang, ataupun bertambah. Hanya saja air berada dalam komposisinya masing-masing, yaitu air laut, es dan salju, air tanah, air udara, air sungai dan danau. Dan, yang bisa dimanfaatkan langsung demi kelangsungan hidup manusia hanyalah fresh water, yaitu air tawar di sungai dan danau.Karena itu, sumber daya air mempunyai keterbatasan dalam ketersediaannya.

Namun, disayangkan sekali kalau ketersediaan air ini diabaikan. Baik itu dengan pemborosan air di rumah tangga, maupun industri. Ketersediaan air memang semakin terancam habis.
Coba bayangkan jika sumber air habis. Apakah kita harus berharap pada air hujan? Atau harus susah-susah menyuling air laut, yang memang air paling banyak di bumi ini? Malang sekali nasib kita jika hal itu sampai terjadi.

Karena itu, ada baiknya lebih dini kita peduli dengan kelestarian air. Pakailah air sesuai kebutuhan saja. Jangan pernah sia-siakan air. Dan sudah sepantasnyalah kita beranggapan kalau air tidak pantas dihabiskan hari ini saja. Karena air merupakan harta titipan dari anak cucu, berarti harus dipelihara. Sebuah tanggungjawab moral bagi kita untuk menjaga warisan agar layak waris. Selamat hari air sedunia!

No comments: