Wednesday, March 28, 2007

Selamatkan Air Kita

Oleh : Muhammad Amin
Ciputat, Tangerang.

Akhir-akhir ini bangsa kita seperti dihukum oleh alam. Di musim hujan, air meluap di mana-mana membanjiri banyak tempat. Sementara di musim kemarau, air seperti menghilang. Kondisi ini tentu sangat mengganggu kehidupan bangsa.

Air adalah kebutuhan dasar yang sangat diperlukan setiap orang. Karena itu, kelangsungannya mutlak harus diupayakan dengan berbagai cara. Cara terbaik adalah dengan mengembalikan kesimbangan alam yang terganggu akibat ulah manusia, oleh kita semua.

Hutan kita rusak berat akibat dieksploitasi secara membabi buta oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Akibatnya jelas, hutan tidak lagi mampu menahan air hujan. Air langsung mengucur deras ke sungai hingga meluap. Hutan pun tidak lagi memiliki cadangan air yang cukup saat kemarau tiba.

Terkait hal ini, sudah saatnya pemerintah memberlakukan regulasi yang ketat dan penegakan hukum terhadap para pelanggar lingkungan, hutan khususnya. Kalau perlu, cukong-cukong pembalakan liar dihukum seberat-beratnya untuk memberikan efek jera kepada orang-orang yang hendak melakukan kejahatan serupa.

Semoga musibah yang kita alami akhir-akhir ini menjadi bahan renungan agar kita semua bisa memperlakukan alam secara arif. Ingat, air adalah hak setiap generasi. Anak cucu kita juga berhak menikmatinya.

No comments: