Wednesday, March 28, 2007

Air : Menjadi Kebutuhan atau Membawa Bencana

Oleh : Abu Bakar Siddiq
Ciputat, Tangerang.


Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia, juga makhluk hidup lainnya di alam ini. Tanpa air makhluk hidup tidak akan bisa bertahan hidup. Namun air juga dapat menjadi malapetaka bagi kita jika tidak memperhatikan lingkungan. Jika lingkungan kita kotor, air yang kita konsumsi kotor akan menimbulkan berbagai penyakit. Luapan air yang berlebihan juga akan mengakibatkan banjir dimana-mana.

Berkaca pada banjir yang terjadi pada awal bulan februari kemarin, yang hampir seluruh jakarta dan sekitarnya terendam air. Air menjadi bencana yang tidak dapat dihindari bahkan tak pelak menghilangkan banyak nyawa. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian kita terhadap lingkungan sekitar. Dan juga kurangnya kesadaran masyarakat dalam memelihara lingkungan kita agar tetap asri dan bersih. Jika kita lihat sungai-sungai yang ada disekitar kita, air yang mengalir begitu kotor dan penuh tumpukan sampah. Akibatnya saluran air tersumbat dan berbau. Hal inilah yang harus diperhatikan oleh kita semua dalam menjaga alam agar tidak menimbulkan bencana.

Hal ini juga tak luput dari kurangnya perhatian pemerintah terhadap pemeliharan lingkungan dengan penebangan pohon, membangun lahan-lahan yang awalnya sebagai resapan air menjadi bangunan kantor, perumahan dan fasilitas sarana lainnya tanpa adanya rekonstruksi tanaman-tanaman yang ditebang sebagai lahan penyerapan air. Akibatnya banjir melanda dan menyengsarakan semua lapisan masyarakat.

Dengan adanya hari air sedunia ini, semoga dapat mengugah hati kita terhadap begitu pentingnya air dalam kehidupan kita. Jika kita kekurangan air, kita akan sengsara dan tubuh kita tidak sehat. Dan jika air meluap juga akan merepotkan kita dengan terjadinya bencana banjir. Dengan bercermin pada bencana ini, semoga pemerintah juga akan segera melakukan tindakan antisisipasi agar bencana demi bencana tidak terulang lagi di masa mendatang.

Mari kita tingkatkan kesadaran menjaga lingkungan kita agar tetap bersih dan hijau. Menjaga kebersihan air, dan membuang sampah pada tempatnya. Bukan pada aliran air yang akan mengakibatkan saluran air tersumbat dan menimbulkan masalah atau bencana. Sehingga ketersediaan air yang kita konsumsi tetap terjamin bersih. Dengan memelihara lingkungan tetap asri dan bersih berarti telah menyelamatkan generasi kita yang akan datang dari kekurangan air bersih.

No comments: