Tuesday, March 27, 2007

Ketika Air Menjadi Langka

Oleh : Andy Kurniawan,
Ciputat, Tangerang.

Sungguh suatu ironi di sebuah negara yang dikelilingi perairan, air bersih justru menjadi barang langka. Di kota-kota besar khususnya, ketersediaan air bersih yang memadai dan terjangkau bagi seluruh masyarakat sangat sulit didapatkan. Bahkan para pelanggan air PDAM pun, banyak mengeluhkan kualitas air yang mereka bayar tiap bulannya itu.

Bisa dibayangkan nasib para kaum pinggiran dengan ekonomi pas-pasan, yang tak jarang harus mengkonsumsi air ala kadarnya dari sungai atau sumber yang kotor. Atau mereka yang harus membeli air setiap harinya hanya untuk mandi dan memasak karena mereka tak punya sumber air bersih.

Dalam kondisi kelangkaan air seperti ini, peran serta semua pihak untuk melestarikan air sungguh sangat diperlukan. Mulailah dari diri kita sendiri. Mulailah dengan hal-hal yang sederhana, seperti mematikan kran air saat tidak diperlukan, atau mandi dengan shower yang memang lebih menghemat penggunaan air.

Dari hal-hal sederhana inilah, bila dilakukan dengan penuh kesadaran oleh semua orang, akan sangat membantu pelestarian air, kini dan juga nanti. Semoga air bersih tak lagi langka. Selamat Hari Air 2007.

No comments: