Thursday, March 22, 2007

Air Milik Siapa ?

Oleh : Moch Arif Makruf,
Demak, Jawa Tengah.


Tidak dapat di pungkiri bahwa air adalah penting dalam kehidupan kita. Setiap hari kita memerlukannya. Kita tidak dapat membayangkan bagaimana kita dapat hidup sehari tanpa air. Begitu besarnya manfaat air bagi kita,sehingga sangat di perlukan pengelolaan sumber daya air sebaik mungkin agar semua masyarakat dapat mendapatkan manfaatnya.

Tetapi ada kalanya air menjadi sebuah bencana bagi manusia tatkala musibah banjir dan tanah longsor menghampiri kita. Padahal kita semua tahu air hanya mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sehingga menyalahkan air dalam semua bencana yang menimpa kita sama saja menyalahi hukum alam.

Permasalahan yang terpenting adalah bagaimana mengelola air agar tidak menjadi sebuah produk yang di eksploitasi secara membabi buta untuk kepentingan segelintir orang. Negara telah mengatur tentang air dalam pasal 33 UUD 1945. Tetapi dalam pengelolaan air hanya menempatkan seorang Menteri Pekerjaan Umum yang mempunyai tanggung jawab yang tidak mengkhususkan pada masalah air.

Melihat besarnya fungsi air sudah sepatutnya di berikan seorang Menteri yang khusus menangani air. Dengan adanya sebuah Kementerian yang khusus menangani air di harapkan masyarakat akan mendapatkan manfaat lebih besar dari air dan juga dimungkinkan penggunaan air selain sebagai konsumsi kebutuhan manusia, misalnya pembangkit energi alternatif.

Selama air belum mendapatkan perhatian yang besar dari pemerintah, perhatian pada energi minyak bumi dan batu bara lebih mendapatkan fokus yang lebih besar mengingat devisanya yang besar untuk kas Negara.Perhatian terbesar pemerintah terhadap masalah air hanya ketika air mendatangkan bencana. Ketika bajir, tanah longsor dan kekurangan air. Tidak adanya perencanaan air secara komprehensif memang tidak dapat dilihat hasilnya sekarang,seperti energi Minyak bumi dan Batu Bara. Tetapi melupakan perencanaan pengelolaan air,akan mendatangkan bencana kemanusiaan pada beberapa tahun yang akan datang.

Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pemeliharaan air di sebabkan oleh kepemilikan air yang tidak bertuan. Setiap hari melihat air terbuang di sekitar kita. Tidak ada yang mampu mencegahnya.siapakah sebenarnya pemilik air? Jika air sudah menemukan tuannya dan penjaganya yang bijaksana niscaya air dapat di pelihara sebaik-baiknya.

No comments: